Pada Kamis (17/2/2023), tim konten kreator SMP Muhammadiyah 6 Surabaya berkesempatan meliput suasana pembelajaran di SDN Kedurus 3.

Tim yang ditugaskan terdiri dari reporter, wartawan, kameramen satu, kameramen dua, serta kameramen dokumentasi. Anggota tim ini adalah perwakilan siswa-siswi yang mengikuti ekskul konten kreator dari kelas 7 hingga kelas 9, dan dibimbing oleh guru pendamping.

Saat tim konten kreator datang, warga sekolah SDN Kedurus 3 menyambut dengan baik. Murid-murid disana menikmati waktu istirahat sembari sesekali menyapa para anggota tim, namun di sisi lain mereka juga bertanya-tanya apa maksud kedatangan tim SMP Musix Ceria.

Lingkungan SDN Kedurus 3 tampak luas dan asri. Begitu memasuki gerbang, sudah disambut oleh tanaman hijau segar yang dihiasi karya daur ulang botol. Di sepanjang koridor, terpajang berbagai piala kejuaraan yang pernah diraih, serta hasil kreativitas tangan siswa-siswi SDN Kedurus 3.

Tak lama, waktu istirahat pun berakhir. Para murid segera ke kelas dan bergegas kembali menuju lapangan. Mereka berbaris dengan memakai hasduk merah putih dan membawa tongkat. Rupanya, ada kegiatan ekskul wajib Pramuka Penggalang setiap hari Kamis, khusus siswa kelas 4 dan kelas 5.

“Di SDN Kedurus 3, ekskul Pramuka memang ekskul wajib. Sedangkan untuk ekskul pilihan kami menyediakan beraneka macam, seperti karawitan, seni musik, mendongeng, tahfidz, tari, taekwondo dan masih banyak lagi” ujar Romlah, S.Pd. SD, selaku kepala sekolah SDN Kedurus 3 yang menjabat sejak tahun 2021. Romlah sendiri sudah pernah ditugaskan menjadi kepala sekolah di beberapa daerah, seperti di SDN Lontar 2 Surabaya dan SDN Lontar 481 Surabaya.

Menurut Bu Romlah, salah satu keunggulan SDN Kedurus 3 yang paling menonjol yaitu beraneka ragamnya karakter dan bakat masing-masing anak. Oleh sebab itu, pihak sekolah berusaha maksimal untuk mengembangkan potensi mereka dengan memberi berbagai kegiatan ekskul, dimana salah satunya adalah ekskul wajib Pramuka ini.

Tidak hanya ekskul, SDN Kedurus 3 juga memberi peluang yang sebesar-besarnya bagi murid dengan mengikutkan mereka dalam lomba kejuaraan. Salah satu murid yang pernah mencetak prestasi adalah Vian Firjatulloh Wibowo.

“Saya senang bisa mengikuti ekskul Pramuka. Kakak pembina nya sabar, yang diajarkan juga seru. Apalagi, di sekolah ini guru-gurunya sangat ramah dan peduli” tutur Vian. Vian merupakan siswa kelas 6 yang pernah mendapat Juara 1 Lomba Mendongeng Tingkat Kota Surabaya serta Juara 1 Ludruk Se-Surabaya Raya.

Vian mengungkapkan bahwa ekskul pilihan yang ada di SDN Kedurus 3 sudah sesuai dengan bakat nya. Namun, ia juga berharap semoga di waktu ke depan pihak sekolah dapat memberikan ekskul tambahan yang berhubungan dengan bidang literasi atau tulis menulis, seperti jurnalistik.

Selain ekskul nya beragam, kelebihan lain yang dimiliki oleh SDN Kedurus 3 adalah jumlah guru dan siswa. Total seluruh guru mencapai 42, sedangkan total siswa-siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 mencapai 780.

Dengan berbagai keunggulan yang ada, tentu pihak sekolah memerlukan hal untuk mendukung keunggulan tersebut. “Kekompakan dalam membimbing murid, serta sistem pengajaran yang bervariatif merupakan cara efektif untuk dapat meningkatkan keunggulan SDN Kedurus 3” ucap Kasiati, S.Pd.D, sebagai guru sekaligus koordinator kesiswaan. Bu Kasiati sudah berprofesi sebagai guru sejak tahun 1985, dan menjadi guru di SDN Kedurus 3 mulai tahun 2014 hingga sekarang.

Harapan Bu Kasiati untuk SDN Kedurus 3 yakni semoga sekolah lebih maju dan anak-anak lebih berprestasi serta bermanfaat bagi semua orang, “Sesuai dengan visi misi sekolah: Unggul dalam berprestasi, tetap beriman dan bertakwa serta berwawasan lingkungan” kata Bu Kasiati.

Romlah S.Pd, SD selaku kepala sekolah, berencana meningkatkan sarana prasarana sekolah, melakukan penghijauan lingkungan serta menata ulang gedung yang akan dilakukan di bulan Maret. “Sekolah memiliki luas 10.250 m² dan 26 ruang mulai dari lantai 1 hingga lantai 2. Maka kami akan berusaha maksimal agar para siswa betah dan nyaman saat pembelajaran” tutup Bu Romlah. (*)

Penulis: Alessandra Maura Raihanna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *