Sambutan dari Ustad Ali Mujafal, M.Pd.I (Kepala SMP Muhammadiyah 6 Surabaya)



Peserta Munaqosah mengisi daftar hadir



Galeri Peserta Munaqosah

SMPMUSIX.COM – Senin, 15 Mei 2023 Foskam Surabaya mengadakan Munaqosah Tahfidzul Qur’an di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 56 siswa dari SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, 13 siswa dari SMP Muhammadiyah 17 Surabaya dan 5 siswa dari SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

SMP Musix ditunjuk sebagai tuan rumah untuk wilayah Surabaya selatan. Para peserta munaqosah menempati Hall SMP Musix dan menenteng Al Qur’annya sambil mengikuti pembukaan acara yang dipandu oleh Ustad Dyn Fikrullah, M.Pd.I selaku Kaur Ismuba SMP Muhammadiyah 6 Surabaya.

Dilanjutkan pembukaan oleh Ustad Ali Munafal,M.Pd.I selaku Kepala Sekolah dan perwakilan Foskam. Lalu pembacaan tartil Al Qur’an oleh peserta munaqosah Muhammad Hizbullah dari kelas 8A SMP Muhammadiyah 6 Surabaya.

Dalam sambutannya, Ustad Ali menyampaikan rasa syukur dan suka cita atas terselenggarakannya acara munaqosah yang menjadi agenda tahunan SMP Muhammadiyah se Surabaya.

“Saya apresiasi atas capaian prestasi anak-anak dalam bidang tahfidz dan semoga ini menjadi inspirasi untuk siswa yang lainnya dan menjadi kebanggan orangtua.” Tuturnya.

Ustad Ali juga berpesan untuk para siswa agar tidak hanya mengahafalkan Al Qur’an saja tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Disela-sela sambutan, munaqis atau tim penguji juga menyampaikan rambu-rambu munaqosah untuk para peserta. Metode munaqosah sama seperti munaqosah sebelumnya yaitu sambung ayat, membaca dua ayat yang terakhir dan membacakan surat yang dipilih secara acak oleh tim penguji.

Sementara itu, salah satu siswa Najwa Azka dari kelas 9 yang sudah hafal juz 30 dan 29 serta berproses menuntaskan juz 1 ini mengungkapkan rasa gembiranya.

“Alhamdulillah saya bisa ikut munaqosah lagi. Tahun sebelumnya hanya juz 30 dan tahun ini bertambah dengan juz 29.” Katanya. AA/Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *