Pada hari Minggu (19/03/2023), LKSA Muhammadiyah se Kota Surabaya menyelenggarakan Tarhib Ramadhan 1444 H serta Pelantikan Kepala LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Muhammadiyah se Kota Surabaya.

Tarhib Ramadhan adalah kegiatan menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh rasa senang, tangan terbuka dan kebahagiaan. Semua umat Muslim, baik tua atau muda, miskin atau kaya, akan menyambutnya secara suka cita. Kata Tarhib dapat diakronimkan oleh kata yang lebih populer, seperti “Marhaban” artinya selamat datang.

Di Indonesia sendiri, Tarhib biasa dilakukan dengan mengadakan serangkaian kajian seputar bulan Ramadhan, atau melakukan kebiasaan adat istiadat seperti megengan, ziarah kubur dan mengundang sanak saudaranya makan besar yang menyajikan makanan tertentu.

Acara ini diadakan di lapangan SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, yang berlokasi di Jl. Kemlaten Baru Utara No. 41-43, Kebraon, Kec. Karangpilang, dengan mengundang para santri dari 22 LKSA Muhammadiyah se Kota Surabaya.

Kegiatan berlangsung sangat meriah dan dijaga oleh pihak kepolisian. Diawali pembukaan dari pembawa acara, kemudian iring-iringan keliling kampung bersama santri-santri serta komunitas Sepeda Kuno Patriot Sejati (SENOPATI) yang merupakan binaan Kodam Brawijaya.

Ada pula beberapa penampilan mengagumkan yang dipertunjukkan oleh para santri, seperti:

  1. Pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) oleh santri dari LKSA At-Taqwa Putra Sambikerep
  2. Tari Saman oleh santri dari LKSA Muhammadiyah Putri Pakis
  3. Tapak Suci Putera Muhammadiyah oleh santri LKSA Muhammadiyah Semampir
  4. Tapak Suci yang ditampilkan oleh siswi dari SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.

Setelahnya, Pelantikan Kepala LKSA Muhammadiyah se Kota Surabaya pun dijalankan. Salah satu dari lima orang yang dilantik adalah Purnomo Adi Sugiarto, yang juga guru di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Tentunya merupakan sesuatu yang membanggakan bagi pihak sekolah.

“Karena amanah ini diberikan kepada saya, maka saya harus siap dalam menjalankan tugas dan mengembangkan program-program yang telah dicanangkan oleh MPKS (Majelis Pelayanan Kesejahteraan Sosial) PDM Surabaya” ucap Pak Purnomo.

Selain itu, hal lain yang menambah rasa bangga warga SMP Muhammadiyah 6 Surabaya yakni saat pemberian beasiswa bagi 4 muridnya yang telah mencetak prestasi, diantaranya:

  1. Alessandra Maura Raihanna dan Najwa Azka Azizah, berhasil mendapat special award dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diselenggarakan oleh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
  2. Hafiy Irsyad Ilham Hardianto dan Azhar Indratno Syahputra, berhasil meraih medali perunggu Bosnian Science Project Olympiad (BOSEPO) 2023 kategori Engineering and IT Senior

Beasiswa diberikan langsung oleh Dr. Ikhsan, S.Psi, MM, selaku Sekretaris Daerah Kota Surabaya, yang sebelumnya pernah menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

“Alhamdulillah wa syukurilah, saya berterimakasih sebanyak-banyaknya atas pembagian beasiswa ini. Semoga berkah” tutur Alessandra Maura Raihanna, salah satu dari 4 murid yang mendapat beasiswa.

Bariq Faiz Aulia I. U., M.Pd, yang menjadi guru pembimbing untuk mereka, sangat bersyukur dan bangga kepada ke 4 muridnya tersebut. Beliau berpesan “jangan pernah merasa puas atas hasil yang kalian raih sekarang. Teruslah mengembangkan ide, serta meningkatkan prestasi kalian”.

Pak Bariq berharap agar pihak sekolah terus membina dan mengapresiasi potensi yang dimiliki murid-murid nya.

Menurut pendapat Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 6 Surabaya, Drs. Ali Mujafal, M.Pd.i, prestasi itu termasuk bagian dari pembiasaan dan kebermanfaatan. Jadi, prestasi harus senantiasa dikembangkan. “Siswa yang berprestasi berhak mendapat bentuk penghargaan dari sekolah, seperti beasiswa. Pihak sekolah akan terus berupaya mengalokasikan dana untuk meningkatkan prestasi mereka” ujarnya.

“Dimanapun kita berada, kita harus menjadi orang yang bermanfaat dan menjadi bagian dari solusi kehidupan. Tiada hari tanpa prestasi, dan tiada hari tanpa bermanfaat bagi yang lain” pesan sekaligus penutup dari Pak Ali. (*)


Penulis: Alessandra Maura Raihanna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *