Senin/15/07/2024 SMP MUSIX laksanakan kegiatan FORTASI (Forum Ta’aruf Siswa). FORTASI ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2024 hingga 19 Juli 2024. Dihari pertama masuk sekolah, para siswa siswi baru melaksanakan kegiatan rutinitas SMP MUSIX yakni shalat dhuha dan muroja’ah bersama. Setelah itu, siswa siswi melaksanakan agenda ke dua pada hari pertama FORTASI yakni apel bersama SMA Muhammadiyah 4 Surabaya (SMAMIV) yang dilaksanakan di Lapangan Perguruan Muhammadiyah Karangpilang. Kegiatan apel diikuti oleh siswa siswi baru serta guru dan karyawan. Perlu diketahui, Pimpinan Ranting IPM SMP MUSIX juga terlibat dalam petugas apel yang berkolaborasi dengan Pimpinan Ranting IPM SMAMIV.

Terlihat raut wajah ceria dan penuh semangat para siswa siswi baru dihari pertama mereka masuk ke sekolah. Barisan tertata sangat rapi pada kegiatan apel bersama dengan khidmat dan tertib.

Setelah melaksanakan apel bersama SMA Muhammadiyah 4 Surabaya (SMAMIV). Siswa siswi SMP Muhammadiyah 6 Surabaya berkumpul di Hall SMP MUSIX yang dipandu oleh kakak-kakak Pimpinan Ranting IPM SMP MUSIX untuk bermain game “Tak Kenal Maka Ta’aruf”. Tujuan dari game ini untuk membangun tali silaturahmi antar siswa-siswi agar mengenal teman satu sama lain. Pada permainan ini, siswa-siswi diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri siapa nama mereka, tempat tinggal, dan darimana mereka berasal.

Jarum jam menuju pukul 09.30 tepat dimana siswa-siswi waktunya istirahat. Pada jam istirahat ini, siswa-siswi dapat berkunjung ke minimarket SMP MUSIX yang banyak sekali jajanan dari mulai snack ringan, minuman dingin, es krim, hingga makanan berat.

Istirahat pun berakhir, dan  materi pertama pun dimulai pukul 10.15. Materi pertama dengan “Kenakalan Remaja” disampaikan oleh BHABINKAMTIBMAS Karangpilang. Pada materi ini siswa siswi diberi pemahaman tentang bahaya tindakan bullying. Siswa siswi juga dihimbau untuk tidak mengikuti komunitas-komunitas yang membawa dampak buruk bagi pergaulan mereka. “Pak polisi berharap dan memberi nasehat ke adek-adek semua jangan pernah siswa siswi SMP ikut komunitas yang membahayakan bagi masyarakat, dan membawa dampak buruk bagi kalian. Lakukan kegiatan yang positif,” ujar pak Cahyo selaku jajaran BHABINKAMTIBMAS Karangpilang.

Penulis : Mercindy Vernt Suyitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *