Pada Jum’at siang (23/09/2022), seluruh siswi kelas 9B dari SMP Muhammadiyah 6 Surabaya mengikuti kegiatan Tadarling (tadarus keliling) dan silahturahmi bersama.

Sebelum acara dilaksanakan, terlebih dahulu mereka melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah di sekolah. Setelah itu, para murid, guru kelas dan guru pendamping pun berangkat menuju rumah wali murid yang rumahnya bersedia untuk ditempati.

Kegiatan Kadarling dibuka oleh pembawa acara. Lalu memasuki acara yang utama yaitu tadarus Al-Qur’an bersama. Kemudian disusul oleh sambutan dari tuan rumah, yang dengan senang hati menerima kedatangan para siswi serta guru-guru dari SMP Musix Ceria.

Tak lupa guru kelas serta guru pendamping pun juga memberikan sambutan mereka.
Selanjutnya ada kultum yang disampaikan oleh perwakilan murid.

Kultum ini menjelaskan bagaimana kewajiban anak untuk berbakti kepada orangtua. Salah satu guru juga memberikan kultum yang tidak kalah penting pembahasannya, yaitu bagaimana kondisi pergaulan para remaja di zaman sekarang. Acara yang terakhir yaitu penutupan dan doa bersama.

“Hari ini aku dan keluarga ku seneng banget bisa ngundang teman-teman buat Tadarling di rumahku. Dan juga seru soalnya bisa bercanda terus sama teman-teman” Kata Sherina Suhara, selaku tuan rumah.

“Alhamdulillah acara Kadarling perdana ini sudah berjalan dengan baik dan mulus. Semoga dengan adanya program ini tidak ada pihak yang merasa terbebani ataupun kelelahan” Ujar Khoirunnisa Imama, salah satu murid kelas 9B.

Kegiatan Kadarling ini tidak diadakan secara sembarangan. Melainkan sudah ada konsultasi dan rapat dengan wali murid terlebih dahulu.

“Acara hari ini sudah terlaksana dengan lancar tanpa kendala. Tetapi untuk ke depannya diharapkan bisa lebih disiplin dalam hal manajemen waktu dan tata cara” Pesan dari Siti Rahayu S.Pd, selaku wali kelas.

Apa tujuan diadakannya Kadarling?

Menurut Bu Rahayu, ada 3 tujuan penting mengapa program ini dilaksanakan:

  1. Menjalin Ukhuwah Islamiyyah
  2. Mempererat hubungan silaturahim antara wali murid dan warga sekolah
  3. Kegiatan Kadarling merupakan kegiatan rutin SMP Muhammadiyah 6 Surabaya yang dulu sempat terhenti sejak munculnya pandemi

“Terimakasih untuk keluarga Sherina yang sudah bersedia kediamannya di jadikan acara Tadarling dan persiapannya. Semoga Sherina dan keluarga diberikan kesehatan dan kelancaran rezeki, aamiin” tutup Ima.(*)

Penulis : Alessandra Maura R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *